ads code

Festival Pasa Arau Diharap Pecahakan Rekor MURI

ads code

SuaroMinang.com – Festival Pasa Harau, sebuah pertunjukan peristiwa budaya di Minangkabau, yang kembali digelar di Lembah Harau, Limapuluh Kota, Sumatera Barat pada 25-27 Agustus 2017 mendatang.

Dalam acara fesival Pasa Harau 2017 kali ini, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyampaikan festival itu akan diikuti dengan ritual meminum kopi kawa daun oleh 1.001 orang. “Diharapkan, nantinya memecahkan rekor MURI,” kata Bupati Irfendi Arbi, di pendopo kediaman dinas bupati, Labuah Basilang, Payakumbuh, Kamis (3/7/2017).

Pasa Harau pertama kali diadakan pada tahun 2016 yang sudah masuk radar biro perjalanan wisata dan budaya mancanegara. Secara nasional, Pasa Harau sudah diresmikan oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, lewat ajang Festival Indonesia Festival (Fest in Fest) Januari 2017, yang diikuti 31 penyelenggara festival kebudayaan dan seni di Tanah Air.

Selain Pasa Harau, Solo International Performing Arts, Dieng Festival, Lima Gunung Festival, Sandeq Rase Festival Bahari Mandar, Borobudur Writer, Art Jogja, serta beberapa even lainnya.

Panitia pelaksana optimistis, dengan festival itu jumlah kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara nanti bisa mencapai 3.000 orang. Angka ini diprediksi naik dibandingkan tahun lalu yang hanya berkisar 1.500-an orang. “Untuk wisatawan mancanegara yang sudah membeli paket Pasa Harau, itu di angka 500-an,” sebut Dewan Pasa Harau.

Adapun rangkaian peristiwa budaya dan seni tradisi yang akan dihadirkan dalam Pasa Harau nanti, meliputi ‘panjek karambia (memanjat pohon kelapa), pacu itiak, pacu jawi, batagak kudo-kudo, silek lanyah, panjat tebing dan main layang-layang.

Kemudian, ada juga ritual budaya arak-iriang, sepak rago api, randai, sijobang, basijontiak serta beragam penampilan budaya lainnya. Termasuk rute tracking dengan medan yang berat, untuk menjumpai kincir air berselimutkan embun.

Sumber: tirto dot id

your google ads code

Admin Site

Media Online Minang Indonesia.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *