home Forum TIPS & TUTORIAL Pengalaman memperbaiki AC Split yang tidak dingin

Topik ini memiliki 1 balasan, 1 suara, dan terakhir diperbarui oleh  Sm.Codebaz 11 bulan, 1 minggu yang lalu.

  • Penulis
    Balasan
  • #3496

    Sm.Codebaz
    Participant

    Halo agan agan sekalian, kali ini ane coba sedikit berbagi pengalaman ane tentang AC Split yang tidak dingin atau kadang kadang dingin kadang-kadang tidak dingin.

    Awal ceritanya bermula ketika kantor ane pindah dari kantor lama ke kantor baru otomatis semua barang yang ada di kantor lama di pindahkan ke kantor yang baru termasuk satu perangkat elektronik Air Conditioner atau pendingin ruangan di kantor lama.

    Nah pada saat itu AC di kantor lama ane kebetulan yang membongkar instalasian nya salah satu rekan kerja sekantor ane entah kenapa di yang melakukannya atau mungkin dia benar benar bisa dalam soal urusan bongkar bongkar.
    disitu ane lihat dia mencoba melepaskan pipa yang lama dengan cara memotongnya dengan tang potong untuk kedua pipa dari AC yang terbuat dari kuningan.

    setelah dicopot ane lihat tuh AC sangat kotor banget soalnya udah lumayan lama engga di bersihin dan kebetulan ane punya inisiatif sendiri untuk ngebersihin tuh AC dan akhirnya ane coba bersih AC dengan sangat detail yakni dengan membongkar part nya satu persatu lalu ane cuci di kamar mandi hehe kebetulan ane juga jago dalam hal teknisi.

    Setelah ane cuci semua part tadi kecuali bagian sensitifnya seperti Modul Indor yang bersifat elektronik dan motor kipas AC, lalu ane keringin di dan ane taro di dalam kardus dengan beralaskan koran.

    Nah jadi singkatceritanya salah bos ane memanggil theksini AC yang kebetulan engga jauh dari kantor yang baru, Setelah teknisi nya datang dia tanya tuh “AC-nya mana pak” kebetulan waktu itu ane disampingnya bos ane nemanin untuk mengangkut sisa barang yang ada di kantor lama, terus bos ane bilang lagi ke ane “AC nya mana mas” trus ane jawab tuh pak di kardus udah saya bersihkan terua bos ane kaget “lah kok dibongkar” sambil nada kaget terus ane jawab lagi “tenang aja pak biar benar benar bersih”.

    lalu teknisi tukang AC tadi menyuruh ane untuk merakit kembali ac yang sudah ane pretelin tadi menjadi rapih dengan muka yang tidak bersahabat alias tidak menyakinkan ke pada ane, Dengan bergegas lalu ane rakit ulang tuh AC sampai akhirnya rapih dan terpasang dengan seperti semula + dengan keadaan yang bersih luar dalam.

    Tak berapa lama kemudian teknisi AC tadi datang dan mulai memasang AC di dinding dengan pipa yang baru juga pastinya, setelah beberapa jam kemudian akhirnya si teknisi selesai merapikan AC dengan mengisi freon yang baru juga, namun pada saat proses pengisian ane tidak lihat teknisi tadi karena ane disuruh mantau yang dibawah.

    Setelah selesai akhirnya teknisi tadi mencoba menghidupan AC dan menunggu beberapa menit namun disni ternyata ada kendala ternayat AC kurang dingin, alasan teknisi tadi katanya aliran listrik ke unit indor tidak normal. stelah beberapa jam di utak atik akhirnya teknisi ac tadi bilang bahwa ac nya sudah selesai dan sudah dingin lalu pulang.

    Namun beberapa minggu kemudian terjadi truble pada AC yang kadang kadng dingin dan kadang kadang tidak dingin trus ane penasaran “kok tiba tiba begini ya” dalam hati hahaha dengan fikiran serius.

    Nga ambil pusing ane langsung aja albil obeng dan tangga lalu ane buka tuh AC dan ane cek satu persatu ternyata ada satu komponen yang ane lupa pasang yaitu komponen inti untuk pengaturan suhu termistornya ane lupa pasang di jepitan dekat sarang tawon nyo, pantesan aja engga dingin. lalu ane pasang seperti semula dan ane coba tes kembali AC tersebut alhasil AC berkerja dengan baik kebetulan ane ngerjainnya di malam hari soalnya ane nginap di kantor.

    esokan siang harinya ane coba lagi hidupin AC sempat dingin beberapa saa namun AC kembali tidak dingin dan membuat lampu timer berkedip kedip lantas apa penyebanya?. akhirnya ace cari tahu di mbah gugle dan ane temukan di salah satu blog ternyata pengaruh suhu siang dalam mempengaruhu kinerja kompressor yang ada di unit outdoor.

    Semakin penasaran ane coba lagi hidupin tuh AC besok harinya pada jam siang dan ane cek di Kompressor otdoor ternyata benar kompressor sangat panas dan dan tiba tiba mati dan engga ada aliran listrik ke kompressor AC.
    akhirnya ane cari cari lagi tuh solusinya di gugle katany kemungkinan pada kapasitor kompresor sudah melemah dan akhirnya ane memutuskan untuk menganti kapasitor outdoornya dengan ukuran sesuai aslinya dengan merek yang berbeda yaitu 450v/40mf dengan merek York Italy yang ane pesan lewat online di Tokopedia.com

    Setalah ane ganti kapasitor tadi alalu ane coba lagi dengan menyalakan AC alhasil ternyata masih sama malah makin penasaran akhirnya ane berfikir ternyata kipas untuk mendinginkan aliran freon pada sarang tawon yang ada di otdoor kurang kencang alias sudah lemah dan memutuskan untuk menganti kapasitor untuk kipas blower untuk unit outdoor dengan nilai yang sama yakni 450v/2.0mf alhasil AC kembali normal dan bahkan lebih dingin tentunya dengan membersihkan kedua unit outdoor dan indoor.

    kesimpulan nya adalah semua komponen pada elektronik yang sudah termakan usia pastinya makin lama akan semakin melemah untuk itu kita harus misa merawat peralatan elektronik kiat dengan rutin.

    jadi inti dari permasalah ini yang ane temukan adalah komponen pada uni AC sudah termakan usia dan perlu di ganti seperti Kapasitor untuk starup kompressor(outdoor), atau kurangnya oli kompressor harus di tambah, menganti kapasitor untuk kipas blower(outdoor), termistor untuk suhu di unit indoor, atau kapasitor pada mpdul indor yang mencakup untuk Blower, rellay, dan tegangan untuk komponen lainnya.

    jadi kalau kalau AC anda tidak dingin cobalah untuk memeriksa beberapa hal berikut ini
    – memeriksa komponen inti seperti kapasitor baik di unit Indoor maupu di unit Outdoor atau thermistor temperatur di unit indoor
    – Memeriksa tekanan freon pada kompressor apakah masih cukup atau sudah berkurang
    – Memeriksa tegangan listrik karena listrik yang tidak stabil juga mempengaruhi
    – Memeriksa kekuatan kipas pada unti outdoor dan indoor terutama outdoor

    Solusi
    – Jika freon pada AC sudah berkurang, lakukan penmbahan atau menganti freeon dengan tekanan sesusi prosedur pada kompressor.
    – jika hembusan angin dari unit outdoor berkurang silahkan menganti kapasitor yang kecil pada unit outdoor karena ini merupakn hal penting untuk mendinginkan putaran freon pada sarang tawon
    – jika kompresor tidak menyala pastikan anda memeriksa tegangan dan amper yang masuk ke outdoor kompresor dan instalsi kabel dari unit indoor ke outdoor atau menganti Kapasitor starting kompressor yang ada di unit outddor biasanya kapasitornya besar.
    – menganti komposnen termistor pada unit indoor dengan yang baru
    – membersihkan sarang tawon untuk kedua unit indoor dan outddor dengan mencucinya secara bersih.
    – gunakan stabilizer yang bagus seperti buatan jepang untuk menstabilkan listrik ke AC
    – menganti atau menambahkan oli kompresor dengan oli khusu untuk kompressor.

    demikian pengalam pribadi ane soal ac pada trhead kali, namun kalo ada kekurangan ane minta maaf karena ane juga manusia biasa bukanlah dewa hehe.
    Jika agan punya tambahan silhakn komen dibawah untuk menambahkan kekurangan dari selusi yang ane sebutkan di atas tadi

    Oh iya, hasil setelah ane menganti kapasitor AC tadi bisa agan lihat di bawah ini.

  • #3497

    Sm.Codebaz
    Participant

    Penampakan ac dengan menganti komponen yang sudah usang dengan komponen yang baru.
    link1: https://drive.google.com/file/d/10SH3BR-miok_UpO-zfj18xxs83tTzYtY/view

    Link2: https://drive.google.com/file/d/1UBHgnMMuDIVedWChdOkzJqfYFYBo5cS6/view

Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.