Manggopoh Nagari Terbaik No 1 Lubukbasung Kab.Agam

SuaroMinang – Lubukbasung, Tim penilaian kelurahan dan nagari atau desa adat berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat, melakukan penilaian di Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam.

Penilaian itu berkaitan dengan keberhasilan nagari untuk mewakili Kabupaten Agam ke tingkat Sumbar dalam ajang penilaian kelurahan dan nagari berprestasi 2017.

Ketua Tim Penilaian, Rahman di Lubukbasung, Senin, mengatakan kriteria penilaian nagari berprestasi tahun 2017 ini meliputi inovasi masyarakat yang ada di nagari, kesesuaian data dan tingginya partisipasi masyarakat.

“Dari tiga kategori itu kita akan melakukan penilaian lebih rinci lagi, diantaranya bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, keamanan, ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga ke masyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga dan muatan lokal,” terangnya.

Ia menambahkan penilaian nagari berprestasi kali ini sebagai ajang pembenahan secara terus-menerus pembangunan di setiap nagari yang ada di Sumbar.

“Apapun hasil yang dicapai dalam perlombaan nagari sekarang harus dijadikan sebagai wadah motivasi bagi seluruh pemerintah nagari yang ada di Agam,” katanya.

Bupati Agam Indra Catri mengatakan penetapan Nagari Manggopoh untuk mewakili Agam dalam penilaian lomba nagari tingkat Sumbar ini sesuai dengan hasil penilaian yang dilakukan sebelumnya.
Dimana, katanya, Nagari Manggopoh mencapai tingkat perkembangan nagari dengan tipologi cepat berkembang.

Hal ini sesuai dengan Permendagri No 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Dalam penilaian ini menggunakan instrumen pengungkap data dan nilai perkembangan nagari dari sembilan aspek yakni, aspek pemerintahan dan kinerja, aspek tangap dan siaga bencana, aspek desa berbasis teknologi informasi dan pendidikan.

Lalu, aspek pelestarian adat, budaya, pengaturan investasi, ekonomi dan penanggulangan kemiskinan, aspek identitas batas dan inovasi, aspek inisiatif dan kreatif dalam pemberdayaan masyarakat serta pemberdayaan kesejahteraan keluarga.

“Keberhasilan yang diperoleh Nagari Manggopoh dalam lomba nagari tingkat Agam merupakan wujud keberhasilan pemerintah nagari beserta masyarakat dalam meningkatkan seluruh aspek kehidupan masyarakat dan pembangunan nagari,” katanya.

Untuk itu, Nagari Maggopoh dipandang layak untuk mewakili Agam pada penilaian nagari tingkat Sumbar.

“Saya berharap Nagari Manggopoh keluar sebagai pemenang, sehingga mewakili Sumbar pada penilaian nagari tingkat nasional nantinya,” katanya.
Sementara itu, Wali Nagari Manggopoh, Ridwan, mengatakan, keberhasilan ini berkat tingginya partisipasi masyarakat di berbagai bidang, baik gotong royong membersihkan lingkungan, pembangunan kantor nagari, sosial dan lainnya.

“Tanpa partisipasi ini, maka Nagari Manggopoh tidak akan mewakili Agam ke tingkat Sumbar,” katanya.

Editor: Dan Development

Admin Site

Creator From SuaroMinang Official Minang no.1 for world :D

Lainnya

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *